Sebelumnya saya telah meng post " program peluncur rocket" Nah kita belajar yang baru.
;;; Look ;;;;;
Program Yang dibuat menggunakan DB yang di manipulasi .
Program Yang dibuat menggunkan M - IDE dan Proteus
---------------------------------------------------------------------------------------
;PROGRAM RUNNING TEKS
;PEMAKAIAN RAM
;70H-77H = DATA 7SEGMENT = KIRI
;78H = DATA COMMON DISPLAY
;79H = UNTUK DELAY DISPLAY 1 COMMON
;7AH= UNTUK DELAY 8 COMMON
;7BH = COUNTER RAM TO PORT DISPAY
;7CH = COUNTER BUFFER RAM DISPLAY
;7DH = JUMLAH TEXT
;7EH = POINTER UNTUK TENTUKAN DPTR
;------------------------------------------
ORG 0H
LJMP MULAI
;------------------------------------------
;SUBRUTIN UNTUK MENGISI BUFFER RAM DISPLAY
ISI_BUFFER:
MOV 7CH,#08H ;JUMLAH DIGIT 7 SEGMENT
MOV R0,#70H
ULANG:
MOV A,7EH
MOVC A,@A+DPTR
MOV @R0,A
INC DPTR
INC R0
DJNZ 7CH,ULANG
RET
;SUBRUTIN UNTUK MENAMPILKAN ISI RAM BUFFER DISPLAY KE 8 X 7 SEGMENT
DIS8SEG:
MOV 7BH,#08H
MOV R1,#70H
MOV 78H,#00H
ULANG2:
MOV A,@R1
MOV P0,A
INC R1
MOV A,78H
MOV P3,A
ADD A,#20H
MOV 78H,A
LCALL DELAY
MOV P0,#0FFH
DJNZ 7BH,ULANG2
RET
DELAY:
MOV 79H,#0E0H
DELAY1:
DJNZ 79H,DELAY1
RET
; SUBRUTIN TAMPILAN
DISPLAY:
MOV 7AH,#050H
DISPLAY1:
LCALL DIS8SEG
DJNZ 7AH,DISPLAY1
RET
;
MULAI:
MOV 7EH,#1
MOV 7DH,#32
NEXDATA:
MOV DPTR,#TOI
LCALL ISI_BUFFER
LCALL DISPLAY
INC 7EH
DJNZ 7DH,NEXDATA
;LCALL DISPLAY
LJMP MULAI
TOI: DB 0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH,0FFH
DB 10010010B,10001000B,10010001B,10001000B,11001000B,10010000B,11111111B ;SAYANG
DB 11111001B,10000011B,11000001B,11111111B ;IBU
DB 10111111B,11111111B ;-
DB 10001000B,10010001B,10001000B,10001011B,11111111B ;AYAH
DB 10111111B,11111111B ;-
DB 10001000B,10100001B,11111001B,10001111B,11111111B ;ADIK
END
----------------------------------------------------------------------------------------------------
SELAMAT MENCOBA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar